Rabu, 01 Agustus 2012

Unsur - unsur Lingkungan Hidup


A. Pengertian Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan mahluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya. Berdasarkan pengertian lingkungan hidup, terdiri dari unsur-unsur biotik (mahluk hidup), unsur-unsur abiotik (mahluk tak hidup), dan unsur-unsur budaya. Kami akan menjelaskan unsur-unsur lingkungan hidup.
1. Unsur-unsur Biotik
Unsur biotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media saling berhubungan seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur biotik sangat berpengaruh bagi kehidupan kita karena kalau tidak ada unsur biotik maka kita tidak bisa berkembang biak secara sempurna.
2. Unsur-unsur Abiotik
Unsur abiotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media berlangsungnya kehidupan seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan lain-lain. Unsur abiotik juga berpengaruh bagi kehidupan karena unsur abiotiklah kebutuhan utama dalam berlangsungnya kehidupan.
3. Unsur-unsur Budaya
Unsur budaya adalah sistem nilai, gagasan, dan keyakinan yang dimiliki manusia dalam menentukan perilakuknya sebagai mahluk sosial seperti bangunan, baju, mobil, rumah , dan lain-lain. Unsur budaya dapat membentuk perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan.
B. Mengapa Banyak yang Tidak Peduli Kebersihan
Karena siswa-siswi tidak mengerti arti pentingnya kebersihan. Siswa-siswi mengira bahwa kebersihan itu hanya untuk keindahan lingkungan semata. Bahwa kebersihan itu dapat menjadikan kita menjadi nyaman dan dapat menghindarkan kita dari penyakit yang mengancam kita. Di paragraf ini kami akan membahas arti penting lingkungan hidup.
1. Lingkungan sebagai wahana bagi kelanjutan kehidupan.
Lingkungan hidup merupakan tempat berinteraksinya mahluk hidup yang membentuk suatu sistem jaringan kehidupan. Di dalamnya terdapat siklus yang menunjang kehidupan. Siklus-siklus ini merupakan sistem yang mengatur proses kelanjutan kehidupan. Meskipun kita hidup dengan berbagai suku, bangsa, agama yang berbeda, namun kita harus saling berinteraksi untuk melanjutkan kehidupan.
2. Lingkungan sebagai tempat tinggal
Lingkungan merupakan tempat tinggal semua mahluk hidup mulai tingkat rendah sampai ke tingkat tinggi. Lingkungan aman dan nyaman merupakan tempat tinggal yang diperlukan oleh mahluk hidup. Dengan demikian kita dapat berinteraksi dan berkembang biak untuk meneruskan keturunan.
3. Lingkungan sebagai tempat mencari makan
Selain untuk tempat tinggal, lingkungan juga merupakan tempat untuk mencari makan bagi mahluk hidup. Mahluk hidup saling berinteraksi membentuk piramida makanan
C. Manfaat menjaga kebersihan
Kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kita. Kebersihan dapat menjadikan lingkungan hidup menjadi nyaman dan kita dapat beriteraksi dengan mahluk lain lebih baik.
D. Dampak bagi Kehidupan
Ø Positif
Kebersihan dapat menghindarkan kita dari bahaya kesehatan yang mengancam kita. Kebersihan dapat menjadikan lingkungan hidup menjadi nyaman dan bersih.
Ø Negatif
Kesehatan kita dapat sering terganggu karena kebersihan ingkungan hidup kita tercemar. Keindahan lingkungan hidup menjadi tidak enak dipandang.
Keberadaan lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh aktivitas yang terjadi di dalamnya. Seringkali aktifitas tersebut menyebabkan kerusakan lingkungan hidup. Kerusakan lingkungan hidup terdiri atas dua jenis, yaitu kerusakan akibat alam dan kerusakan akibat manusia.
1. Kerusakan akibat alam
a. Letusan Gunung Berapi
Letusan gunung berapi merupakan salah satu aktivitas dari vulkanisme.
b. Gempa Bumi
Gempa merupakan pergeseran kulit bumi yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
c. Angin Topan
Angin topan aalah angin yang berhembus dengan kecepatan (>
d. Banjir
Banjir sering terjadi pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi. Banjir merupakan genangan air yang cukup luas.
2. Kerusakan akibat manusia
a. Kerusakan Hutan
Hutan merupakan bagian sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu, hutan berperan sebagai penyaring udara dan penyimpan air. Namun demikian, hutan menjadi sumber utama kebutuhan manusia dan mudah didayagunakan, maka hutan telah banyak mengalami kerusakan
b. Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan adalah masuknya limbah hasil kegiatan manusia ke dalam suatu wilayah tertentu sehingga kualitas lingkungan wilayah tersebut menjadi berubah tidak sesuai lagi dengan peruntukkannya.

Kami juga mempunyai gambar-gambar tentang kerusakan lingkungan hidup yang telah kami bukukan. Gambar-gambar tersebut dapat dilihat di kliping geografi.
E. Cara Menjaga Kebersihan
Ø Dilakukan minggu bersih untuk bergotong royong membersihkan lingkungan hidup dari kotoran-kotoran.
Ø Usahakan membuang sampah pada tempatnya yang telah tersedia.
Ø Apabila membuang sampah jangan biarkan sampah itu menggunung, usahakan sampah dibakart atau didaur ulang untuk dimanfaatkan.
Ø Jangan sekali-kali membuang limbah di sungai, karena dapat mencemari sungai itu.
Ø Usahakan jangan membuang sampah di sungai, karena dapat menimbulkan sungai itu menjadi kotor dan kalau sungai itu mampet, dapat menimbulkan banjir.


1 komentar: